KPU Sudah Atur Akses Penyandang Disabilitas

KPU Sudah Atur Akses Penyandang Disabilitas

- in Berita
80
0

JAKARTA – Anggota KPU, Ida Budhiati mengatakan akses Pemilu bagi penyandang disabilitas dari tahun ke tahun cukup membaik.

“Pengambil kebijakan (wakil rakyat, pemerintah) saat ini tidak punya keberanian untuk mengabaikan suara rakyat. Terbukti peraturan-peraturan disabilitas semakin mendekatkan perannya, sehingga akuntabilitas dari rakyat dan juga anggota DPR dan DPRD telah terbukti,” kata Ida dalam forum penyandang disabilitas dalam penyelengaraan Pemilu di Pacific Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2012).

Ida menjelaskan akses informasi tidak sekedar menghantar masyarakat sebagai pemilih saja. Namun, disabilitas ini dapat berperan dalam Pemilu.

“Di dalam KPU ini, kita terikat dengan asas-asas Pemilu, harus akuntable, transparan, seefisien mungkin di dalam melakukan tindakan Pemilu baik regulasi maupun teknis,” paparnya.

Menyangkut efisiensi lanjutnya, dalam database selama Pemilu 2004 dan 2009, masih mempunyai problem besar.

“Database masih serampangan. Untuk masalah efisiensi, seharusnya penyelenggara Pemilu sudah siap kebutuhan dan keperluan di tiap TPS. Harus dipastikan siapa ada di mana. Sehingga harapan fasilitas disabilitas sesuai,” terangnya.

“Juga soal menfaslitasi kertas Pemilu braille, harus berapa cetaknya, didistrribusikan dimana databasenya juga masih kurang,” imbuhnya.

Dia menambahkan partisipasi organisasi penyandang disabilitas tidak hanya menyusun bahan sosialisasi Pemilu penyandang cacat saja. Namun, wilayah distribusinya sesuai dengan kebutuhan.

“Di dalam peraturan KPU sebenarnya sudah diatur tentang regulasi yang mengatur bagi penyandang cacat punya akses di tempat pemilihan yang aksesable. Juga sudah diatur jika ada orang atau pendamping mereka. Jadi pendamping mereka harus menandatangi perjanjian bahwa mereka akan merahasiakan hasil pemilih,” ucapnya.

Sumber:  http://jakarta.okezone.com/read/2012/07/09/505/661017/kpu-sudah-atur-akses-penyandang-disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Evaluasi Pilkada Serentak 2017 yang Inklusif dan Aksesibel

Download Laporan Evaluasi Klik DI SINI Pilkada Serentak