KPU Siap Hadapi Gugatan Hasil Verifikasi

KPU Siap Hadapi Gugatan Hasil Verifikasi

- in Berita
138
0

Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan, KPU siap membuktikan jika ada gugatan hukum terkait hasil verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu 2014.

Gugatan hukum akan disambut KPU dengan senang karena merupakan mekanisme tepat. Berdasarkan verifikasi administratif, dari 34 partai, 16 partai memenuhi syarat administratif. Saat ini tengah dilakukan verifikasi faktual Di Padang, Sumatera Barat (21/11).

”Sampai sekarang tidak ada perubahan,” kata Husni. Pada 18 partai politik yang tidak lolos verifikasi administratif terdapat sejumlah kekurangan mendasar.

Sementara itu, Koalisi Amankan Pemilu 2014 mendesak perombakan kesekretariatan Komisi Pemilihan Umum untuk baiknya kerja sama dengan komisioner, penuh loyalitas, dan integritas, Rabu (21/11) di Jakarta.

Koalisi terdiri dari berbagai kelompok masyarakat, yaitu Perludem, IPC, KIPP, KIPP Jakarta, Formappi, JPPR, Yappika, PPUA Penca, Puskapol UI, Demos, ICW, PSHK, GPSP, Indonesia Budget Center, Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), KRHN, Seknas Fitra, dan Transparansi International Indonesia.

Melalui perwakilannya, Peneliti Senior SSS Toto Sugiarto mengatakan, perombakan dengan mencari mereka yang kompeten dan berintegritas diyakini bisa diperoleh hanya dalam satu bulan. Komisioner hendaknya tidak sekadar menerima orang-orang dari kementerian untuk mengemban tugas besar proses Pemilu 2014.

Di pihak partai gugur, Partai Serikat Rakyat Independen berencana mengadukan komisioner KPU secara pidana dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen negara. Taufan menuding komisioner KPU memalsukan tanda tangan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin dalam Peraturan KPU Nomor 14 tahun 2012 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif 2014.

Menteri Amir menegaskan, tanda tangannya tak dipalsukan dalam Peraturan KPU Nomor 14 dan 15. Ia mengatakan telah menandatangani kedua peraturan itu pada 25 Oktober 2012. “Tanggal 25 Oktober saya dihubungi oleh KPU, mereka bilang ingin mengeluarkan peraturan baru yang harus disahkan pada hari yang sama,” kata Amir ketika dihubungi tadi malam. []

Sumber: http://www.rumahpemilu.org/read/792/KPU-Siap-Hadapi-Gugatan-Hasil-Verifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Evaluasi Pilkada Serentak 2017 yang Inklusif dan Aksesibel

Download Laporan Evaluasi Klik DI SINI Pilkada Serentak