KPU Kota Depok Gelar Sosialisasi Pemilu Ke Kaum Tunanetra

KPU Kota Depok Gelar Sosialisasi Pemilu Ke Kaum Tunanetra

- in Kliping
94
0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok bersama Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Depok menggelar sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk kaum tuna netra se-Kota Depok di Graha Insan Cita Jl Prof Lafran Pane Sugutamu, Sukmajaya, Depok, JUmat (21/12). Tak kurang dari 76 orang tuna netra ikut sosialisasi itu.

Dalam sosialisasi yang mengusung tema “Peran Kelompok Strategis dalam Mensukseskan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013″, KPU Kota Depok mengenalkan alat bantu dan tata cara mencoblos salah satu pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilgub Jawa Barat 2013.

Sekretaris Jenderal Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), Made Adi Gunawan menjelaskan, alat bantu untuk tuna netra ini bernama tamplete. Dengan alat ini, pemilih dapat mengetahui pasangan mana yang akan dicoblos.

“Alat ini ukurannya sama dengan surat suara, lalu ada lubang tepat dengan foto di kertas suara, dan huruf brailie di bawah kotak foto sesuai nomor urut pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ucapnya.

Setelah sosialisasi tamplete, mereka kemudian melakukan simulasi pemungutan suara, mulai dari mencoblos hingga perhitungan suara.

Kasubag Hukum Sekretariat KPU Kota Depok, Ahmad Oting menjelaskan, pihaknya memang sengaja melakukan sosialisasi kepada pemilih strategis seperti kaum tuna netra ini agar jumlah pemilih yang ikut serta dalam Pilgub Jabar Februari 2013 mendatang.

“Setelah kita informasikan kepada mereka, saya berharap mereka tidak golput, mereka menjadi lebih antusias mengikuti Pilgub. Paling tidak 80 hingga 90 persen tuna netra di Depok menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Sementara itu Ketua Pertuni Kota Depok, Faisal mengaku sangat senang dengan acara sosialisasi ini, ia mendukung karena aspirasi dari kaum tuna netra tersalurkan.

“Dengan sosialisasi seperti ini diharapkan hak suara tidak hilang, karena mereka sudah mengetahui informasi, sehingga hari H mereka hadir untuk menggunakan hak suaranya, satu suara mereka berpengaruh untuk hasil kedepan,” pungkasnya.

Ricky Juliansyah

Sumber: http://depoklik.com/kpu-kota-depok-gelar-sosialisasi-pilgub-ke-kaum-tuna-netra/.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Evaluasi Pilkada Serentak 2017 yang Inklusif dan Aksesibel

Download Laporan Evaluasi Klik DI SINI Pilkada Serentak