Heryawan, Gubernur Paling Peduli Disabilitas

Heryawan, Gubernur Paling Peduli Disabilitas

- in Berita, Kliping
78
0

JAKARTA – Pemerintah pusat, melalui Kementerian Sosial, memberi penghargaan kepada lima sosok perorangan dan lembaga yang dinilai paling berjasa terhadap peningkatan kesejahteraan kaum disabilitas –dahulu disebut penyandang cacat. Pemberian penghargaan diserahkan di puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (3/12). Penghargaan diberikan kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Kategori Lembaga Pemerintah), Ariani Soekanwo (Perorangan Penyandang Disabilitas, Jakarta), Mutiawati Fauzi Bakar (Perorangan Non-penyandang Disabilitas, Sumatera Barat).

Dua penerima penghargaan lain yakni Yayasan Penuh Warna, Jawa Timur (Lembaga Non-pemerintah) dan PT Pertamina Region VIII Maluku (Kategori Perusahaan). Tanda penghargaan diserahkan langsung Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Khusus kategori lembaga pemerintah, penghargaan diberikan sehubungan kebijakan yang dinilai berpihak pada upaya peningkatan kesejahteraan kaum disabilitas. Kebijakan dimaksud juga dipandang mendukung upaya mendudukkan kalangan penyandang disabilitas setara dengan masyarakat umum

Atas penghargaan yang diberikan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kepada wartawan mengatakan, pihaknya memang terus berusaha menjaga komitmen dan kepedulian kepada kaum disabilitas. “Mereka kami usahakan memperoleh akses yang cukup di area publik dan juga agar diterima baik di dunia usaha,” papar Heryawan. Ditambahkan pula, Pemprov Jabar selama ini mendorong adanya lembaga pendidikan atau sekolah inklusif, yang memungkinkan penyandang disabilitas dapat menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai kemampuan serta bakat masing-masing. Dalam pandangan Heryawan, kaum disabilitas juga bagian komponen bangsa yang dapat berprestasi dalam berbagai bidang.

Penghargaan Menteri Sosial ini menggenapkan prestasi nasional Ahmad Heryawan menjadi 86 semenjak memimpin Jabar pada 2008. Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono dalam sambutannya meyatakan, pemberian penghargaan sekaitan peringatan HDI dimaksudkan guna mengajak semua pihak peduli pada kaum disabilitas. “Tantangan kita bagaimana menghilangkan diskriminasi kepada penyandang disabilitas. Juga bagaimana mengubah paradikma terhadap mereka; dari belas kasihan menjadi pemberian perlindungan menyeluruh,” papar Agung.

Menko Kesra menambahkan, kepada semua pihak, khususnya kalangan pemerintah dan swasta, diharapkan menyediakan aksesibilitas yang cukup kepada penyandang disabilitas di tempat umum. Lokasi publik dimaksud antara lain di perkantoran dan lokasi hiburan. “Banyak gedung pemerintah dan swasta yang belum menunjukkan kepedulian yang sungguh-sungguh kepada penyandang disabilitas. Kita berharap nantinya ada berkembangan yang berarti,” tandas Agung Laksono.
Sumber: http://www.ahmadheryawan.com/home/di-media-2/3515-heryawan-gubernur-paling-peduli-kaum-disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Refleksi 13 Tahun PPUA Penca Digelar di KPU

    JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Puluhan penyandang disabilitas