Dianggap Mahal, Surat Suara untuk Tunanetra Belum DidesainDianggap Mahal, Surat Suara untuk Tunanetra Belum Didesain

Dianggap Mahal, Surat Suara untuk Tunanetra Belum DidesainDianggap Mahal, Surat Suara untuk Tunanetra Belum Didesain

- in Berita
96
0

Rachmadin Ismail – detikcom

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak lama lagi akan menggelar hajatan besar, yakni Pemilu 2009. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk mendesain surat suara. Namun, KPU mengaku belum mendesain surat suara untuk pemilih tuna netra.

“Untuk desain surat suara bagi tunanetra sampai saat ini belum dibuat. Karena perkiraan saya itu membutuhkan pendanaan yang banyak. Sulit untuk membuat surat suara dengan huruf braille jika dananya tidak ada,” ujar anggota KPU Abdul Azis di Kantor KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (4/7/2008).

Meski menyebut surat suara bagi para tunanetra mahal, Azis mengaku belum tahu perbedaan harga kertas bagi pemilih biasa dan tunanetra.

“Saya belum tahu harganya berapa. Tapi saya perkirakan lebih mahal. Baru hari ini mau saya bicarakan dengan perusahaan pabrik kertas,” kata dia.

Azis juga mengaku tak tahu berapa jumlah pemilih tunanetra di Indonesia dalam Pemilu 2009 nanti. “Saya juga belum tahu. Pokoknya, diperkirakan total 172 juta pemilih,” pungkasnya. ( anw / nrl ) .

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Evaluasi Pilkada Serentak 2017 yang Inklusif dan Aksesibel

Download Laporan Evaluasi Klik DI SINI Pilkada Serentak