Akses Kaum Disabel Terkendala Data

Akses Kaum Disabel Terkendala Data

- in Kliping
78
0

KPU menargetkan Pemilu 2014 pengguna hak pilih mencapai 85%. Demikian disampaikan Hadar Nafis Gumay, salah seorang komisioner KPU pada diskusi di Konferensi Regional Agenda di Bali, Sabtu (10/10).

Hadar pun menjelaskan, salah satu strategi KPU mencapai target pemilih 85% dengan melibatkan pemilih penyandang disabilitas. Ini didorong dengan membuat kebijakan dan peraturan KPU.

“Beberapa peraturan teknis KPU yang akan membutuhkan masukan dari penyandang disabilitas terutama peraturan mengenai pendaftaran pemilih, teknis pemungutan suara di TPS, rekrutmen panitia pemungutan suara, pendidikan pemilih dan sosialisasi,” ungkap Hadar.

Salah satu masukan yang direkomendasikan PPUA Penca kepada KPU adalah mengenai regirtrasi pendaftaran pemilih bagi penyandang disabilitas. KPU akan mencantumkan dalam peraturan mengenai pendaftaran pemilih tentang jenis disabilitas atau kecacatan yang dimiliki penyandang disabilitas.

Hal tersebut sangat penting KPU miliki. Selama ini kesulitan di lapangan yang dialami KPU adalah sulitnya mendapatkan berapa jumlah penyandang disabilitas dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ariani dari PPUA Penca menyampaikan keprihatinannya dan mendorong KPU untuk dapat mengakomodasi rekomendasi dari penyandang disabilitas tersebut. Menurutnya, KPU sebagai penyelenggara pemilu memiliki kewajiban mengakomodir masukan dari penyandang disabilitas. [Lia]

Sumber: http://www.rumahpemilu.org/read/775/Disabilitas-Termasuk-dalam-Target-85-Pemilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Evaluasi Pilkada Serentak 2017 yang Inklusif dan Aksesibel

Download Laporan Evaluasi Klik DI SINI Pilkada Serentak